foto diriku

foto diriku
diriku difoto

Jumat, 27 Agustus 2010

bab 1

BAB I

PENDAHULUAN

 

Bab ini membahas tentang tentang persoalan, ruang lingkup dan perencanaan kegiatan atau proyek yang dilakukan. Bab ini berisi latar belakang, identifikasi persoalan, lingkup dan batasan, tujuan dan sistematika penulisan.

 

1.1     Latar Belakang Masalah

 

Pada saat ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang sangat pesat, sehingga menuntut sekaligus juga menantang kita untuk bergerak lebih cepat dalam menangani masalah. Hal tersebut menjadi suatu tantangan bagi setiap perusahaan agar dapat bersaing di dunia usaha terutama dalam penanganan yang berhubungan dengan permasalahan teknologi. Sejalan dengan berkembangnya dunia usaha yang semakin pesat tersebut maka setiap perusahaan dituntut untuk mengadakan peningkatan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan oprasional yang dilakukan oleh perusahaan, baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendaliannya.

Setiap perusahaan akan berupaya untuk mencapai tujuan dan harapannya dengan efektif dan efisien. Efekif dan efisien perusahaan sangat tergantung pada baik buruknya pengelolaan pada perusahaan itu sendiri. Dengan semakin berkembangnya perusahaan maka berdampak terhadap kinerja komputer sebagai komponen dari sistem informasi di berbagai perusahaan jasa ataupun barang. Seiring dengan kemajuan teknologi maka sistem yang terkomputerisasi akan sangat mendukung sekali pada setiap informasi yang dihasilkan perusahaan.         

Permasalahan utama yang dilihat penulis dalam pelaksanaan praktek kerja lapangan adalah masih digunakan cara yang lama dalam melakukan pencatatan dan pengolahan data para karyawan masih dilakukan dengan menggunakan tulisan tangan. Hal ini dapat dikatakan kurang efektif dan efisien, dikarenakan sulit untuk mencatat dan menghitung gaji para karyawan,banyaknya jumlah karyawan di saat bersamaan.

Oleh karena permasalahan tersebut, dibutuhkan suatu program yang dalam waktu cepat,tepat dan efisien dapat melakukan penginputan data karyawan, sehingga pada saat penerimaan gaji para karyawan tidak menunggu lama juga dapat dilakukan dengan cepat dan praktis. Berdasarkan uraian di atas, Penulis merasa perlu untuk merancang sebuah perangkat lunak (sotware) dan menuliskan langkah-langkahnya dalam laporan praktek kerja lapangan yang berjudul  PERANGKAT LUNAK SISTEM PENGGAJIAN KARYAWAN DI BAGIAN TATA USAHA KANTOR ADMINISTRATOR TERMINAL PETI KEMAS GEDEBAGE BANDUNG”.

 

1.2     Identifikasi Persoalan

Berdasarkan uraian yang telah dipaparkan oleh penulis dalam latar belakang masalah dan agar pembahasan tidak menyimpang dari judul penulisan praktek kerja lapangan , maka penulis merumuskan identifikasi persoalan  yang akan dibahas dalam kajian ini adalah sebagai berikut :

1.      Membutuhkan waktu yang lama pada saat proses pencarian data karyawan yang menerima gaji yang harus dilakukan secara sederhana dengan membuka arsip data karyawan terlebih dahulu.

2.      Kesulitan dalam pembuatan laporan penggajian karyawan karena harus melihat satu persatu data karyawan.

 

1.3 Lingkup dan Batasan

Untuk menghindari luasnya permasalahan, maka penulis hanya membatasi pada pokok permasalahan yang erat kaitannya dengan masalah penggajian. Dalam pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan, Penulis mengidentifikaskan masalah sebagai berikut :

a.       Perancangan Sistem hanya digunakan untuk pengolahan data gaji karyawan.

b.      Perancangan Sistem Informasi pendataan dan peneriman gaji karyawan.

 

1.4   Tujuan

Tujuan dari penyusunan laporan ini dimaksudkan sebagai hasil dari praktek kerja lapangan agar penulis memperoleh pengalaman untuk mengahadapi dunia kerja yang sesungguhnya dan menjawab masalah-masalah yang telah penlis identifikasikan sehubungan dengan laporan yang penulis susun yaitu :

a.       Mempermudah proses pendataan gaji para karyawan.

b.      Mempercepat dalam proses penginputan data gaji para karyawan.

c.       Mempermudah dalam pembuatan laporan penggajian karyawan.

d.      Mempermudah dalam pencarian data gaji karyawan.

 

1.5    Sistematika Penulisan

Sebelum penulis menguraikan bab selanjutnya maka terlebih dahulu penulis menjelaskan tentang sistematika penulisan laporan ini antara bab yag satu dengan bab yang lainnya dengan penyusunan yang saling berkaitan.

Sistematika penulisan laporan ini adalah sebagai berikut :

 

BAB I PENDAHULUAN

            Pada bab pertama ini penulis menjelaskan tentang beberapa identifikasi persoalan serta latar belakang pada saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Kantor Administrator Terminal Peti Kemas Gedebage Bandung.

 

BAB II DASAR TEORI

            Bab ke-2 ini penulis menjelaskan teori tentang permasalahan serta bahasa pemograman yang digunakan pada saat praktek kerja lapangan di Kantor Administrator Terminal Peti Kemas Gedebage Bandung., sedangkan bahasa pemograman yang digunakan adalah bahasa pemograman Basic, bahasa pemograman ini di gunakan oleh penulis karena penulis melihat perpustakaan ini cocok untuk menggunakan software dari Microsoft Visual Basic 6.0 Enterprise Edition.

 

 

BAB III ANALISIS DAN PERANCANGAN PERANGKAT LUNAK

            Pada bab ini penulis menjelaskan tentang gambaran umum Kantor Administrator Terminal Peti Kemas Gedebage Bandung., analisis fungsional, perancangan data, perancangan prosedural, penulis juga menjelaskan tentang rancangan database sebagai media elektronik.

 

BAB IV IMPLEMENTASI

            Bab ke-4 ini penulis menjelaskan tentang kebutuhan sumber daya yang dibutuhkan pada saat menjalankan program aplikasi, diantaranya kebutuhan perangkat keras (hardware) serta perangkat lunak (software). Penulis juga menjelaskan tentang petunjuk penggunaan program pada saat program aplikasi akan dijalankan.

 

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

            Bab ini penulis menguraikan tentang kesimpulan dan saran selama melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di Kantor Administrator Terminal Peti Kemas Gedebage Bandung. Saran yang sifatnya membangun untuk kemajuan bagi instansi maupun institusi.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar